Generasi TCK Mencari Jati Diri Leluhur

  • Breaking News

    Saturday, January 13, 2018

    Pesantren Ini Adakan Pelatihan Pemrograman Aplikasi Android untuk Santrinya

    PAHOMPU NABURJU -- Semakin berkembangnya teknologi informasi menjadikan kian beragamnya media dakwah, salah satunya melalui android. Menyikapi hal ini, Pondok Pesantren Darul Falah, Jekulo, Kudus Jawa Tengah mengadakan pelatihan android kepada santri. Kegiatan mengambil tema “Pengenalan IT ke Pesantren Lewat Pembuatan Android”.

    Pelatihan yang dilaksanakan Jumat (5/1) tersebut dilaksanakan di Ponpes Darul Falah (Dafa) pusat dan diikuti 25 santri setempat. Alasan dilaksanakan kegiatan agar santri mampu membuat aplikasi android sehingga tidak hanya sebagai pemakai.

    Hal ini diperkuat oleh Rohmad Eko Wahyudi, pelaksana kegiatan. “Jadi santri diharapkan bisa membuat aplikasi android. Sehingga bisa memperkaya konten positif di play store,” tutur pria yang bisa disapa Rohmad ini.

    Menurut alumnus ITS Surabaya ini, pada dasarnya santri tidak ada yang gagap teknologi (gaptek). Namun mereka hanya belum terbiasa. “Santri itu tidak ada yang gaptek. Hanya belum tersentuh teknologi saja. Mereka bisa menjadi ahli jika ada kemauan dan pengarahan,” ungkapnya.

    Selepas kegiatan, ia berharap peran santri mampu mereduksi hoax maupun konten negatif yang ada di internet. “Harapannya santri ada yang bermain di teknologi dan menghentikan penyebaran konten yang bertentangan dengan undang-undang seperti hoax,” jelasnya. Selain itu agar santri bisa memperoleh profit atau keuntungan dari hasil karya mereka, imbuhnya.

    Rohmat juga berencana akan menyelenggarakan kegiatan serupa luar pesantren yang ada, sehingga santri mampu berkreasi lewat android. “Ya, rencana ke depan memang akan dilaksanakan di luar Ponpes Dafa. Dan yang terpenting adalah peserta mau komitmen untuk menyelesaikan sehingga aplikasi bisa tersedia di play store,” tutupnya. (sumber)

    Yuk gabung PanPage Facebook Belajar Quran dan Ilmu Tafsir atau di sini
    Home | UD Paju Marbun | Sultan Group | IMECH | BeritaDekhoCom | TobaPosCom

    No comments:

    Post a Comment


    Galeri

    Ekonomi

    Budaya