Generasi TCK Mencari Jati Diri Leluhur

  • Breaking News

    Sunday, December 24, 2017

    Mengenal Ibnu Wahshiyya, Ulama Arkeolog Budaya Mesir dan Ahli Racun di Abad ke-9

    PAHOMPU NABURJU -- Ibnu Wahshiyya atau Abu Bakar Ahmad bin Ali bin Qasy al-Wahshiyyah adalah ulama yang hidup diabad 9-10 masehi di daerah Qusayn, dekat Kufa – Irak. Beliau adalah seorang ilmuwan kimia, pertanian, ahli racun (toksikologi), peternakan, sejahrawan dan ahli kebudayaan bangsa Mesir. Beliaulah orang pertama yang berhasil membaca hieroglif mesir kuno (jauh sebelum bangsa barat mengklaim) berdasarkan penelitiannya ke Mesir. Berkat kemampuan menuliskan dechiper dari tulisan hierologlif mesir kuno tersebut, ilmuwan dan sejarawan masa kini dapat meneliti kebudayaan mesir kuno.

    Baca: Kitab Mengenai Racun

    Mahakarya

    Ibnu an-Nadhim dalam kitab al-Fihrist-nya, mengungkapkan banyak sekali kitab-kitab tentang ilmu hikmah, patung, perdagangan, pertanian, kimia, fisika dan obat-obatan yang ditulis oleh Ibnu Wahshiyya sendiri maupun diterjemahkan oleh beliau. Salah satu mahakarya kitabnya dalam bidang kimia ditulis bersama seorang ilmuwan kimian Abu Talib az-Zalyat yang kemudian hari dikutip dan dikembangkan ilmunya oleh ad-Dimashqi.

    Salah satu karya besarnya yang lain adalah kitab al-Filahatun Nabatiya (Pertanian orang Nabatea) yang membahas seputar pertanian yang bersumber dari budaya Suku Nabatea (Babylonia kuno). (sumber)


    Yuk gabung PanPage Facebook Belajar Quran dan Ilmu Tafsir atau di sini


    Home | UD Paju Marbun | Sultan Group | IMECH | BeritaDekhoCom | TobaPosCom

    No comments:

    Post a Comment


    Galeri

    Ekonomi

    Budaya